Resensi Buku

Posted on 11.00 | By Campus Literacy Movement | In

Judul buku : Teenlit Islami “Bukan Jilbab Semusim”
Pengarang : Teera (Triani Retno Adiastuti)
Penerbit : Tiga Serangkai
Tahun : 2006
Tebal : 174 hlm; 18 cm




Oleh: Nurul Amalia*


Berita kelulusan SPMB PTN yang disambut bingkai kebahagiaan oleh Lena, menjadi kunci awal bagi orang tuanya untuk menekankan syarat terhadapnya. Dan walaupun dengan penuh keterpaksaan, segala syarat pun ia sanggupi. Semua berawal pada pertemuan yang membawa kedekatannya pada Wisnu, yang membuatnya tak lagi peduli suara-suara bijak disekitarnya, dan sekejap menjelma menjadi malapetaka. Dunia mendadak pekat dan tak lagi bersahabat. Dunia seakan sunyi baginya terlebih di saat terlintas lagi “Mendingan kamu lepas saja jilbab itu daripada terus menerus munafik!” Wajah Lena memerah dan pucat berganti-ganti mendengar Wisnu melempar kalimat itu di depannya. Tak seorang pun sudi dibilang munafik. Di ujung sesalnya Lena hanya menyanggupi keputusan yang menjadi pilihan Wisnu. Keputusan yang akhirnya menjadi pilihan mutlak baginya. Akankah Lena mampu menjalani pilihan itu dan mendapatkan dunia yang benar-benar ia cari?

Sesungguhnya, tak perlu ada alasan untuk berkata TIDAK terhadap sesuatu yang sia-sia, yang tidak menuai guna, dan hanya melahirkan penyesalan yang dalam.

Segala perbuatan yang kita sadari ataupun tidak, pasti ada konsekuensinya yang menjadi tanggung jawab dalam menjalani segala proses kehidupan. Teenlit Islami ini cenderung mengacu terhadap pencarian makna kedamaiaan dan keikhlasan atas niat tulus dari hati. Keberhasilan yang di capai janganlah sampai membutakan mata hati kita terhadap cahaya kebajikan disekitar. Hidayah tidak akan datang dengan sendirinya, jika tidak ada sedikitpun usaha untuk menjemputnya.


---------
*Nurul Amalia adalah mahasiswa semester 3A Fak. Psikologi UIN Jakarta

Comments (0)

Posting Komentar