Resensi Buku

Posted on 10.21 | By Campus Literacy Movement | In

Judul : Authentic Happiness; Menciptakan Kebahagiaan dengan Psikologi Positif
Penulis : Martin E.P. Seligman

Penerbit : Mizan Pustaka
Tahun : I, November 2005
Tebal : 407 halaman



*oleh: Wenny Hikmah Syahputri

Dilihat dari cover bukunya buku ini memang menggambarkan kesan Happiness dan ceria. Meskipun buku ini termasuk buku ilmiah, dikarenakan mengungkapkan beberapa hasil kajian dan penelitian serta teori-teori, namun penulis mengemasnya dengan bahasa yang mudah dicerna. Bahasa yang digunakan tidak hanya membuat pembaca memahami sebuah teori ilmiah, tetapi juga dapat merefleksikan secara langsung teori yang diungkapkan pada realitas kehidupan. Selain itu bahasa terjemahan yang dipilih juga mudah dipahami. Sehingga buku ini dapat dibaca oleh siapapun, tidak hanya mereka yang mengerti istilah-istilah psikologi saja.

Penulisnya sendiri yakni Martin E.P. Seligman adalah seorang Profesor psikologi yang merupakan pelopor psikologi positif. Penulis juga pernah menjadi Presiden America Psychological Association (APA). Ketika menjabat sebagai Presiden APA inilah Seligman banyak melakukan penelitian dan kajian terhadap psikologi positif. Sebagian isi dari buku ini adalah mengungkapkan hasil kajian Seligman pada psikologi positif khususnya Authentic Happiness. Dan pengalaman hidupnya dalam menemukan aspek-aspek Authentic Happiness tersebut.

Buku terjemahan Eva Yulia Nukman ini memberikan sudut pandang yang positif terhadap perilaku manusia. Hal ini merupakan suatu terobosan berbeda dari kajian-kajian psikologi sebelumnya yang lebih sering membahas gangguan psikis pada manusia dan bagaimana cara mengatasinya. Psikologi positif ini memberikan pandangan bahwa perilaku manusia tidak selalu dinilai dari seberapa banyak gangguan psikis yang ada padanya. Tapi bagaimana manusia tersebut dapat mengembangkan aspek-aspek positif dari dirinya sehingga tidak memunculkan berbagai gangguan itu.

Dibagian awal buku, penulis banyak mengangkat fenomena-fenomena dari hasil penelitiannya terhadap Happiness. Yang akhirnya mengantarkan pembaca pada sebuah kesimpulan bagaimana seseorang dapat menemukan kebahagiaan dalam hidupnya. Seligman juga bertutur mengapa pada suatu peristiwa yang dialami bersama, seseorang dapat merasakan perasaan atau kesan yang berbeda.

Buku ini juga menyajikan beberapa alat ukur pada aspek authentic happiness yang mana pembaca bisa langusung mengukur sendiri sejauh mana ia mencapai aspek tersebut. Lebih jauh lagi usai membaca keseluruhan isi buku ini, pembaca dapat menilai sendiri sejauh mana dirinya sudah mencapai authentic happiness tersebut.

Penulis menggunakan bentuk penjabaran induktif dalam buku ini. Yang mana menjelaskan secara detail diawal lalu, inti dari penjelasan terletak diakhir bab. Bagian akhir buku ini pada bab yang berjudul “Terminologi dan Teori”, penulis merangkum sebuah teori utuh dari authentic happiness. Yang mana sebelumnya penulis mencoba menjabarkan dengan melalui berbagai contoh-contoh nyata pada kehidupan.

Penulis berpendapat bahwa kebahagiaan adalah hasil yang ingin dicapai oleh psikologi positif. Seligman membagi aspek kebahagiaan menjadi tiga bentuk emosi positif yakni: emosi positif masa lalu (berupa perasaan puas, bangga, dan tenang), emosi positif masa mendatang (berupa optimisme, percaya diri, kepercayaan, harapan, dan keyakininan. Lalu emosi positif pada masa kini yang idbagi menjadi dua kelompok utama yaitu kenikmatan (kenikmatan lahiriah dan batiniah) dan gratifikasi (bentuk kegiatan yang senang dilakukan, menghalangi munuclnya kesadaran atau emosi kecuali setelah melakukan aktivitas tersebut. Contohnya mereka yang menjalankan hobi membaca, memanjat tebing, dll yang terkadang sangat focus pada aktivitas hobinya itu hingga tidak fokus pada yang lain kecuali hobinya itu.

Kelebihan lain dari buku ini adalah indeks dan catatan-catatan yang lengkap dari sumber bacaan yang dikutip penulis. Buku ini wajib dibaca bagi anda yang tertarik pada psikologi positif, dan ingin menemukan sendiri kebahagiaan dalam hidup. Namun saat ini penerbit sudah tidak memproduksi buku ini lagi. Padahal buku ini juga sering dijadikan referensi pada penelitian skripsi mahasiswa fakultas psikologi. Sementara buku ini juga jarang ditemukan di perpustakaan fakultas psikologi. Kebanyakan referensi buku psikologi positif yang ada masih berbahasa inggris dan jarang sekali diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Ini merupakan tantangan tersendiri bagi mahasiswa fakultas psikologi yang berminat untuk melakukan kajian dan penelitian pada psikologi positif. Tapi bagi yang berminat unutk memiliki buku ini dapat memesan secara online pada penerbit Mizan.


----
*Wenny Hikmah Syahputri adalah mahasiswa semester 7A Fak. Psikologi UIN Jakarta

Comments (2)

Assalamualaikum. Saya sri. Sy mau tanya. Beli buku ini dimana yah? Mohon sekali infonya. Tolong kirim balasan ke no 089650507896

Assalamualaikum. Saya sri. Sy mau tanya. Beli buku ini dimana yah? Mohon sekali infonya. Tolong kirim balasan ke no 089650507896

Posting Komentar