Cerpen

Posted on 07.31 | By Campus Literacy Movement | In



Catatan Kajian Literasi Kamis, 17 Des 09 tentang “Menulis Cerpen”:

1. Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam menulis cerpen adalah menentukan gagasan utama cerita yang akan ditulis

2. Menentukan judul tidak harus selalu diawal, bisa saja judul kita temukan diakhir. Karena yang terpenting adalah menentukan ide utama cerita tersebut.

3. Tidak ada ketentuan dalam menentukan kalimat awal dalam cerpen, bisa diawali dengan dialog, deskripsi peran atau tempat, atau prolog singkat. Tapi ini menjadi hal penting, karena kalimat2 awal cerita bisa menjadi penetua apakah pembaca akan melanjutkan membaca atau tidak, jadi harus dibuat semenarik mungkin.

4. Daya tarik cerpen terletak dalam konflik yang kita buat, jadi tentu hal-hal biasa yang ‘tidak memiliki konflik’ tidak akan menjadi cerita yang menarik untuk dinikmati orang lain.

5. Menuliskan cerita memerlukan deskripsi. Yaitu menggambarkan suasana, perasaan, tempat atau lingkungan secara detail dan jelas, sehingga pembaca dapat larut dalam cerita yang kita buat dan tentu dapat membayangkannya.

6. Perlu diperhatikan juga untuk menggukan metafora, yaitu kiasan sebagai tambahan daya tarik cerpen.

7. Apa pelajaran dari cerita yang kita buat? Kita perlu membuat garis besar tentang ‘hikmah’ atau kesimpulan dari cerita yang dibuat. Sebuah cerita dibuat tentu karena memiliki pelajaran tertentu..

8. Mulailah menulis!


Comments (0)

Posting Komentar